Selasa, 16 Maret 2010

Teori Perkembangan Kognitif Piaget

Dalam teorinya, Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dari fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Piaget adalah seorang psikolog "developmental" karena penelitiannya, mengenai tahap-tahap perkembangan pribadi serta perubahan umur yang mempengaruhi kemampuan belajar individu. Dia adalah seorang psikolog dengan suatu teori komprehensif tentang perkembangan inteligensi atau proses berpikir. Menurut Piaget, pertumbuhan kapasitas mental memberikan kemampuan-kemampuan mental baru yang sebelumnya tidak ada. Pertumbuhan intelektual adalah tidak kuantitatif, melainkan kualitatif.Apabila ahli biologi menekankan penjelasan tentang pertumbuhan struktur yang memungkinkan individu mengalami penyesuaian diri dengan lingkungan, maka Piaget tekanan penyelidikannya lain. Piaget menyelidiki masalah yang sama dari segi penyesuaian/adaptasi manusia serta meneliti perkembangan intelelektual atau kognisi berdasarkan dalil bahwa struktur intelektual terbentuk di dalam individu akibat interaksinya dengan lingkungan.

Teori Psikoanalitik Freud

Teori yang dikemukakan oleh Freud ini berfokus pada masalah alam tak sadar, sebagai salah satu aspek kepribadian seseorang. Menurutnya, dorongan-dorongan, komponen-komponen kepribadian, ingatan akan pengalaman masa kanak-kanak dini dan konflik-konflik psikologis yang mengerikan cenderung tidak disadari. Dalam formulasi Freud, "dorongan seksual" memainkan peranan penting secara khusus. Istilah "seksual" digunakan untuk segala tindakan dan pikiran yang memberi kenikmatan atau kepuasan. Sedangkan istilah "dorongan" sebagaimana psikolog sekarang menggunakan istilah dorongan dasariah (basic drivers). Dorongan seksual menurut Freud melahirkan sejumlah "energi psikis" yang disebut "libido" untuk perilaku dan aktivitas jiwa. Energi psikis itu sejajar dengan energi fisik. Bila dorongan seksual dipuaskan maka energi psikis membentuk kekuatan yang menekan seperti air didalam selang yang ujungnya tersumbat. Konflik-konflik yang timbul akan meningkatkan ketegangan. Bila orang ingin berfungsi secara normal maka ketegangan itu harus dihilangkan atau dikurangi. Bila tekanan itu tidak bisa dikurangi maka pipa akan meletus pada saat yang paling lemah dan orang akan memperlihatkan perilaku abnormal. Teori kepribadian Freud dapat diikhtisarkan dalam rangka struktur, dinamika dan perkembangan kepribadian.

Teori Perkembangan Bahasa Chomsky

Pada dasarnya seluruh manusia belajar berbicara. Meskipun beraneka ragam seperti subjek kata kerja dalam struktur kalimat yang sudah menguniversal.
Noam Chomsky (1972) bapak dari teori Psikolinguistik perkembangan mengemukakan hipotesa bahwa anak-anak memiliki pembawaaan kemampuan untuk mempelajari sebuah bahasa baru. Menurut LAD (Language Acquistion Device) adalah sebuah skill dalam arti dalam diri anak-anak yang memungkinkan untuk memahami aturan-aturan berbicara dan memanfaatkannya.
Pandangan biologis-kognitif Chomsky adalah sebagai berikut :
1. Setiap anak dilahirkan dengan potensi biologis untuk bahasa yang diperuntukkan hanya bagi manusia.
2. Pemerolehan dan perkembangan bahasa terjadi, karena adanya potensi biologis tersebut dan juga adanya lingkungan bahsa yang mendorong, serta lingkungannya umumnya. Pemerolehan dan perkembangan bahasa banyak ditentukan oleh tingkat-tingkat kematangan biologis.